Kuliner Ikan - Masakan Khas Mangut Lele Mbah Marto

Jumat, 22 Juni 2012

Alamat : Nggeneng, Sewon, Bantul
             Jl Parang tritis sampai ke Kampus ISI, terus lagi sampai Kantor Pos
             Sewon, dikanan ada gang masuk kampung nggeneng.

wisata kuliner - Mangut Lele Mbah Marto - BantulWalau disini judul warungnya Sego Gudeg Nggeneng Mbah Marto, namun justru Masakan yang paling diminati adalah Mangut Lelenya yang cara penyajiannya cukup unik. Dimulai dari interiornya yang memang khas rumah jawa yang sederhana, dan dapur tradisional dengan tungku kayu bakar, letaknya memang cukup jauh dari pusat kota alias pelosok desa dengan suasananya yang asri apa adanya.

wisata kuliner - Mangut Lele Mbah Marto - Bantul
wisata kuliner - Mangut Lele Mbah Marto - BantulDisini kuliner mangut lelenya , lain dari pada yang lain. Bedanya karena Mbah marto menggunakan kuah santan yang gurih dan pedas, rasa kuahnya pun mirip dengan gulai. Dalam masakan mangut lele, sebelum lele dimasak dengan kuah santan biasanya digoreng dahulu, namun di warung mbah marto justru lele dibakar sampai matang, jadi beda banget rasanya dengan aroma bakaran ditungku kayu bakar.
Selain itu sebagai pelengkap ada gudeg dan daun pepaya dengan racikan yang pas, hingga aroma dan rasa pahitnya hilang. Kemudian garang asem, sate keong tersedia juga dengan racikan yang tidak kalah lezatnya. Cukup murah untuk dapat menikmati hidangan desa yang unik ini dengan harga mulai Rp. 10.000,- nikmatnya diluar dugaan.

1 komentar:

  1. Menggugah selera :)
    Artikel yang menarik....
    Jika berkenan mampirlah ke blog aku juga yah.... klik disini jangan lupa komentarnya di bawah posting :) Trims.

    BalasHapus