Masakan Jawa – Warung Bu Ageng – masakan kesukan Butet Kartaredjasa - kuliner yogyakarta

Jumat, 01 Juni 2012

Alamat : Jl. Tirtodipuran 13, Mantrijeron, Yogyakarta
Buka : Tiap Hari , Pukul 11:00 s/d 23:00 WIB

Hidangan Nasi campur yang unik dan mantap inilah yang menjadi andalan menu di warung kuliner Bu Ageng, yang merupakan hasil kreasi dari Rulyani Isfihana, yang juga sebagai istri dari Butet Kertaredjasa. Nasi campur ini disajikan dengan menu komplit aneka sayuran, antara lain bayam, kacang panjang, kenikir, kecambah, dan saus bumbu kacang tanah. Dilengkapi juga dengan lauk ayam suwir, ikan asin spesial yang didatangkan dari Tarakan, tidak lupa juga abon ikan tuna yang merupakan makanan khas dari kalimantan, serta kerupuk legendar. Jenis masakan ini memang biasa terhidang dimeja makan di lingkungan jawa dan kalimantan, tetapi disini diramu dengan cara yang khas.
Letaknya yang dekat dengan kampung turis prawirotaman, maka banyak sekali pengunjung dari mancanegara yang penasaran dan mencoba masakan di warung Bu Ageng ini.

Menu andalan lainnya adalah lele njingkrung, yaitu ikan lele yang diasap dan digoreng dengan rasa yang crispy dan gurih. Kemudian eyem penggeng rasanya tidak jauh beda dengan ayam panggang khas klaten, yaitu ayam kampung yang di rebus diberi bumbu tradisional dan santan kelapa, kemudian tidak lupa juga kuah aren kental yang menciptakan rasa yang gurih. Daging Kambing yang dimasak bacem dan digoreng menjadikannya lebih empuk, gurih dan manis. Menu lainnya adalah sayur lodheh yang tersedia tiap hari, sayur asem, sayur bobor, dan sayur bening sesuai jadwal. Pedasnya sambal kutai menjadi pelengkap kuliner di warung bu Ageng. sambal kutai berbahan campuran terong, kacang panjang, bawang merah dan cabai.

Menu special yang tidak tersedia tiap hari adalah Sup Kepala Ikan patin yang didatangkan dari kalimantan dan ikan sidat yang dimasak dengan kecap manis dan dipadu dengan ramuan bumbu china.

0 komentar:

Posting Komentar